Sabtu, 16 Juli 2011

Kolor Ireng

Karya: Agustav Triono

Disuatu sudut jalan desa, dekat sawah ditempat biasa sejenak orang-orang melepas lelah setelah dari sawah untuk segera pulang.
Pada sore hari :

Darsun : Waru-waru doyong...
Doyong neng pinggir kali..
Lunga ngendong..
Lunga ngendong ora bali-bali..

Karta : Iya kamu nggak pulang-pulang kamu ditunggu istrimu, Darsun pulang sana.
Darsun : Lah kamu juga pulang Kang, sebentar sini duduk dulu merokok sambil ngobrol-ngobrol.
Karta : Sudah sore Kang istriku sudah menunggu di rumahku.
Darsun : Oh…begitu kamu termasuk ISTI ya, ikatan suami takut istri.
Karta : Ya tidak begitu Sun, namanya suami istri ya harus harmonis saling pengertian, waktunya pulang ya pulang kan bias pijit-pijitan di rumah.
Darsun : Aku juga kepingin dipijitin sama istriku, kesel banget habis macul di sawah.
Karta : Aku juga sama capeknya, tapi ya tidak males-malesan seperti kamu. Istirahat sebentar Kang nanti bisa seger lagi, terus pulang ketemu anak istri.
Darsun : Seandainya saja bisa sewa traktor untuk membajak sawah ya Kang, kan kita tidak capek banget.
Karta : Lah kamu, kita juga harus bersyukur masih punya sawah garapan untuk menghidupi kita sedikit tapi ditekuni InsyaAllah bisa menghidupi Kang, yang penting bisa buat makan sehari-hari.
Darsun : Tidak seperti sawah Pak Kades ya, sawahnya luas banget bajak tinggal pakai traktor, ngurus sawah tinggal nyuruh orang untuk ngerjain, lah kita jangankan traktor kebo saja tidak punya, cuma punya wedus dua.
Karta : Iya kita cuma punya sejengkal sawah, lah Pak Kades sehektar sawah tadi sawahnya sudah mulai ditandur.
Darsun : Iya tadi Si Menul, Deblong, sama mbok Darwen sama Sijem, pagi-pagi gitir ikutan ngode nandur di sawahe Pak Kades. Tambah kaya saja ya beliau. Jan….jan…kapan ya saya bias kayak Pak Kades, seandainya saja aku kaya, aku kan bisa mbojo lagi.
( merenung sambil tersenyum-senyum )
Karta : Lah kamu !!! kalau terus-terusan melamun seperti itu ya mana ada rezeki datang ? Mana bisa sugih ? hoalah…Darsun…Darsun kepengin sugih ya kerja Sun…hoh…!!!
Darsun : ( terperanjat dalam lamunan )
Eh…ya…?? Bagaimana keprimen ???...
Karta : Kerja keras Sun jangan melamun terus.
Darsun : Ya…ya…
Karta : Orang kalau kepengin sugih apa sukses itu harus laku Sun…
Darsun : Laku gimana ??? puasa, tapa disuatu tempat, begitu ???
Karta : Prihatin.
Darsun : Pak Kades juga seperti itu ya ??
Karta : Ya mungkin, eh…Darsun tadi kamu bilang apa kepengin mbojo lagi, apa tidak puas punya satu bojo hah !! lalu emang kamu bisa nguripi ?
Darsun : He…he…he…itu kan anu khayalan, impianku Kang kalau aku kaya.
Karta : Apa kamu senengan lagi ya, hayo sama sapa ??? omongna bojomu lho nanti !!! sama Menul ya ??? apa lagi seneng sama Deblong ya ??? apa Nini Karwen janda sugih bercucu 10. ha…ha…ha…
Darsun : Sih jangan begitu Kang !!! cocote lah dijaga !!!
Karta : Hoalah Darsun…Darsun ko marah begitu ? kalau tidak bener tuduhanku ya jangan marah ! maafkan saya Sun.
Wong Gemblung : ( Membawa bunga mawar, sambil bernyanyi )
Bunga mawar merah yang berarti kau cinta padaku.
He…he…he…ha…ha…( kepada Darsun )
Hey Kakang sayangku…aku cari-cari ternyata kamu disini terima kasih ya sudah nenberi bunga mawar merah ini, ha…ha…he…he…em..muacchhh.
Darsun : Siapa kamu...( terpotong oleh Karta )
Karta : Oh…ini toh gendhakanmu ? hoalah…cantik juga tapi…
( terpotong sama Darsun )
Darsun : Hus…tapi gemblung.
Karta : Oh… jadi kamu doyan juga sama wong gemblung, Ha…ha…ternyata…
( wong gemblung mendekati Darsun )
Darsun : Sih ngawur kamu Kang saya tidak tahu wong gemblung dari mana ini.
Wong gemblung : Dari hatimu Kang, he…he…he…kenapa engkau meninggalkanku Kang, aku selalu menunggumu dipinggir kali sana, hiks..hiks…kenapa tidak datang- datang Kakang pujaan hatiku.
Darsun : Hus…pergi sana hus…
( lalu mendorong wong gemblung hingga terjatuh )
Wong gemblung : Hoalah…Kang kenapa kamu menyia-nyiakan aku hiks…hiks...engkau telah menodaiku, kenapa engkau tidak bertanggung jawab hiks…hiks…
Karta : Sun, beneran kamu sudah ngawini dia ??? waduh-waduh teganya kamu Darsun…Darsun…
Darsun : Ora Kang lah wong gemblung dipercaya, Kang, sumpah Kang !!! ( lanjut ke wong gemblung )
hei apa buktinya kalo aku gawini kamu ???
jangan ngawur kamu wong gemblung !!!
Wong gemblung : Hu…hu…hu…teganya kamu kang ( nyanyi ) sungguh teganya…teganya…ini kolormu ketinggalan.
( menunjukan kolor ireng )
Karta : Wa…ha…ha…ternyata bener ya kamu Sun, kamu kan emang suka pakai kolor ireng, sudah ada buktiya itu.
Darsun : Astaghfirullah hal’adzim..!!! Kang Karta, berani sumpah itu bukan aku. Aku masih waras tidak mungkin doyan wong gemblung.
( lalu datang istri Darsun )
Darkem : Ada apa ini, ribut-ribut kang.
Darsun : Kang Karta, jangan sembarangan kamu, dijaga cocote lah !!!
( menyanyi )
Karta : O….o….kamu ketahuan, bojoaan lagi sama dirinya sama wong gemblung. Ha….ha…ha…
Darsun : O…o…tambah ngawur saja kamu Kang.
Darkem : Heh Kang, jadi begini ya kerjaanmu, makanya kalo pulang mesti terlambat, ternyata bojo-bojoan lagi ya ???
Darsun : Jangan percaya omongannya, aku ya disini ma Kang Karta, lagi ngaso setelah macul di sawah jangan menuduh yang bukan-bukan.
Darkem : Jangan mengelak Kang, lah itu sudah ada buktinya siapa wanita itu hah, gendakanmu kan ??? hayo ngaku, walah Kang…Kang…apa aku sudah tidak memuaskanmu…aku masih setia…masih sayang kepadamu ternyata kau malah mengkhinatiku .
Darsun : Aku juga masih sayang kepadamu Darkem, sungguh sangat sayang, aku masih setia.
Darkem : Hallah gombal… pretttttt !!! sudah ketahuan ko…masih mengaku-ngaku setia. Huuuuh…setia. Setianya dimana- mana. SETIA, setiap tikungan ada.
Darsun : Dia itu wong gemblung. Ngaku-ngaku dikawini aku, kamu percaya sama wong gemblung. Kang Karta itu juga ngawur, cocote ala kae.
Darkem : Ya bisa saja memang kamu mungkin suka sama wong gemblung.
Karta : Bener koh, Mbok itu buktinya ketahuan. Ha…ha…ha…ketangkep basah kamu !!! lah itu dia bawa kolor ireng, yang biasa dipakai. Darsun. Jadi, sudah terbukti Kang !!! ha…ha…ha…ha…
Darsun : Berani sumpah Darkem sayangku, dia wong gemblung. Apa hubungannya denganku yang suka pakai kolor ireng dengan dia bawa kolor ireng. Dia wong gemblung bisa saja dia nutur dimana saja.
Darkem : Sudahlah jangan banyak alasan. Sudah ayo pulang.
( menjewer telinga Darsun )
Wong gemblung : Oh…Kang, jangan tinggalkan aku Kang Darsun, teganya engkau Kang. Ohhh…hu…hu…hu… Kang Darsun, ini kolor irengmu Kang, Kang Darsun jangan tinggal aku, Kang…Kang…
Darsun : Dasar wong gemblung edan minggir kamu. Sana sama Kang Karta saja !!!!
Darkem : Kamu juga sama gemblungnya, sama edane
( sambil menjewer ) ayo pulang !!!
Karta : Ha…ha…ha… jujur mulane aja bojo-bojoan maning.
Wong gemblung : Lho..lho.. aduh Kang. Teganya engkau meninggalkan diriku.
Oalah..Kang…Kang…,Kang jangan tinggalkan aku Kang.
( lalu menyusul sambil bernyanyi )
( bersamaan itu menyusul 4 wanita : Menul, Deblong, Sijem, Mbok Darwen. Keheranan ada apa rame-rame )
Menul : Lho itu wong gemblung yang dipinggir kali itu ya ?
Deblong : Ya, lagi diapain ya sama Kang Karta
Karta : Ha…ha…ha…Darsun sukur jujur. kapok nggak kamu. Ha…ha…
Menul : Ada apa sich Kang kok rame-rame?
Sijem : Lho kok itu Kang Darsun dijewer-jewer sama bojone anu kenapa ?
Mbok Darwen : Mana-mana ?oh iyalah, kasihan ya masa suami dijewer- jewer sama istrinya.
Menul : Mana Oh iya…ya. Kang Karta ada kejadian apa ? ada geger-geger apa disini ?
Deblong : Lah tadi juga ada wong gemblung. Habis diapain sama Hayo…jangan-jangan habis diapa-apain ya ?
Karta : Hus… jangan sembarangan kamu Blong itu wong gemblung gendakane Darsun.
( wanita- wanita itu tertawa)
Deblong : Hah, masa sich Kang ?
Jangan ngawur lah, masa Kang Darsun suka sama wong gemblung, dia kan naksir sama aku.
Menul : Hah, Darsun naksir sama kamu Blong ? yang bener saja.
Karta : Oalah…dasar Darsun, sudah punya istri naksir wong gemblung, naksir Deblong juga.
Tapi siapa sich yang tidak naksir kamu Blong. Deblong- deblong pancen kamu.
Dweblong : Ah, biasa saja sich ngapa Kang ? iya Kang Darsun naksir aku tapi aku biarkan saja, dia kan sudah beristri.
Sijem : Lalu wong gemblung itu ?
Karta : Iya Jem, dia bener-bener gendakane Darsun.
Mbok Darwen : Jangan ngawur kamu, Darsun waras-waras masa naksir sama wong gemblung, lah sing gemblung jane sapa ?
Karta : Iya, semuanya pada gemblung sekarang.
Wong waras jadi gemblung, wong gemblung tambah gemblung. Pada gemblung, pada gila, gila harta, wanita, tahta.
Mbok Darwen : Kalau wong gemblung itu yang menang. Benar- benar gila.
Menul : Iya, orang-orang sekarang pada gila semua, apalagi juragan kita Pak Kadses itu.
Jan…gila harta pelit lagi sama kita. Masa kita belum dikasih upah nandur.
Karta : Loh, masa belum dikasih upah ? biasanya langsung.
Sijem : Nggak tahu ni Kang, biasanya harian. Lah ini sudah tiga hari jadi buruh taninya Pak Kades belum juga dikasih upah, makanya kami akan langsung kerumahnya sekarang, mau nagih upah kita.
Deblong : Iya, itu juragan kita kurang ajar !!! masa kita belum dikasih upah. Mau beli makan dengan apa kalau tidak dikasih upah.
Mbok Darwen : Jaga mulutmu Deblong, jangan sembarangan ngomongin Pak Kades, bagaimanapun juga beliau juragan kita.
Bagaimanapun juga beliau juga pemimpin kita.
Jadi jangan dikatakan kurang ajar Blong, mbok kualat kamu.
Deblong : Lah emang kenyataannya seperti itu kan Mbok ?
Mbok Darwen : Iya tapi aku yakin pasti kita diberi upah nanti atau besok pasti kita diupahi.
Sijem : Tapi kapan ???
sampai sekarang belum ada wujudnya padahal kita sudah tiga hari jadi buruh taninya Pak Kades, wong cilik ya selalu begini selalu ditindas.
Mbok Darwen : Eh…jangan begitu Sijem percaya sama Mbok, kita pasti akan diupahi. Nggak mungkin Pak Kades lupa.
Menul : Aku juga khawatir akan nasib kita Mbok ! kita belum diupahi. Oh..ya tadi aku menemukan kolor ireng, ni ! tadi diujung jalan ada beberapa kolor ireng nggletak. Aku takut akan ada sesuatu.
Mbok Darwen : Sesuatu apa maksudmu ?
Menul : Iya bencana atau hal-hal yang ghaib, karena ada kolor ireng itu.
Karta : Apa ??? kolor ireng, kamu menemukan dimana ?
Menul : Di sawah Kang, memangnya kenapa kamu kaget juga ?
Karta : Tadi wong gemblung juga membawa kolor ireng. Ngaku- ngaku kolornya Darsun. Tapi aku ragu juga. Masa Darsun ngawini wong gemblung.
Sijem : Hei…lihat di pagar itu juga ada kolor ireng. Waduh…waduh tanda apa ya ini Mbok ?
( salah satu akan mengambilnya )
Mbok darwen : Eh jangan diambil, biarkan saja. Kita harus laporkan banyaknya kolor ireng itu ke Pak Kades. Jangan-jangan itu adalah tanda-tanda adanya sesuatu yang membahayakan desa kita.
Menul : Dibuang saja ya Mbok ? tadi aku pikir mengambil kolor ireng ini lumayan buat celanaan adikku Si Cowet. Lihat
Mbok masih bagus kan ?
Tapi setelah kupikir-pikir jangan-jangan nanti malah aku jadi wong gemblung tadi. Hi….
( lalu membuang kolor ireng itu )
Mbok Darwen : iya Nul !! buang saja buat apa kamu mengambil kolor itu.
Karta : Bagaimana ini Mbok Darwen ? adanya kolor ireng menyebabkan susana jadi ribut. Tadi gara-gara kolor ireng, Darsun ribut sama bojonya, terus ada orang gila bawa-bawa kolor ireng. Tadi Menul juga nemu kolor ireng di sawah. Lah jebule di pagar itu juga ada kolor ireng itu tanda-tanda apa ya ?
Mbok Darwen : Ehm…( diam sejenak )
Kita harus lapor ke Pak Kades
Deblong : Iya, ayo ke Pak Kades sekalian minta upah !
Sijem : Ayo minta upah ke Pak Kades !
Yang lainnya : Ayuh…ayuh…
( belum sempat pergi datang Pak Kades dan Bu Kades )
Pak Kades : Loh…loh…loh…pada mau pergi kemana ini kok rombongan pada mau pawai apa ?
Karta : Eh…Pak Kades kebetulan Pak.
Kami mau pergi ke rumah Pak Kades malah, Pak Kades datang.
Bu Kades : Kami sebenarnya mau ke sawah tadi.
Deblong : Mau ngasih upah apa bu ?
Mbok darwen : Blong ! diam dulu Blong !
Bu Kades : Iya, maafkan ya.
Kami bukannya lupa tapi memang sengaja memberi upah langsung selama tiga hari ini.
Sijem : Wah…pasti ditambahi bonus nggih bu ?
Bu Kades : Upah kalian kali ini beda. Biasanya langsung kuberi kali ini ku amplopi dan didalamnya selain upah kalian, disitu juga ada sesuatu yang sangat penting buat kita kedepan untuk kemajuan desa kita untuk kesejahteraan desa kita ke depan.
Mabok Darwen : Aduh…nuwun sewu kami tidak mengerti maksud sesuatu diamplop itu selain uang upah. Apalagi mengenai yang penting buat desa kita maksusdnya apa ? kami sungguh-sungguh tidak paham.
Karta : Oh...iya, Pak Kades dan Bu Kades.
Hal yang penting lagi, kami juga melaporkan hal yang aneh yang sedang terjadi.
Pak Kades : Hal aneh apa ?
apa ada hal aneh di desa kita.
Karta : Begini Pak Kades, banyak hal aneh yang terjadi baru- baru ini. Mengenai ditemukannya banyak kolor ireng di desa kita. Tadi juga ada wong gemblung membawa kolor ireng lalu…
Pak Kades : Sebentar Karta, apa anehnya wong gemblung bawa kolor ireng ?
Karta : Ya aneh saja dia ngaku-ngaku dikawini Darsun.
Buktinya, Darsun sering memakai kolor ireng. Terus Menul tadi disawah juga menemukan kolor ireng lalu dipagar situ juga ada kolor ireng.
Kami jadi takut jangan-jangan itu adalah tanda-tanda akan adanya bencana yang akan menimpa desa kita.
Pak Kades : Tenang-tenang dulu, kalian jangan panik. Aku pemimpin kalian akan bertanggung jawab terhadap ketentraman warga.
Mbok Darwen : Lalu bagaimana tindakan Pak Kades ?
Yang lainnya : ( bersahutan )
iya bagaimana Pak ?
kami takut mbok terjadi bencana !
Pak Kades : Bu, amplopnya dibagi dulu kepada mereka.
( Bu Kades membagi amplop, Karta juga menerima )
Karta : Loh kok saya juga diberi bu ?
kan saya tidak ikut kerja sama Pak Kades.
Bu Kades : Tidak apa-apa anggap saja sebagai rezeki buat kamu. Ini pemberian kami secara ikhlas kok.
Pak Kades : Begini saudara-saudara.
Sayalah yang bertanggung jawab terhadap isu itu dan tergannggunya ketentraman akibat banyak kolor ireng itu.
Karta : Maksudnya pak kades ?
Pak Kades : Ya…sayalah yang menyebarkan kolor ireng itu diseluruh desa ini !
Mbok Darwen : Maksudnya ?
untuk apa Pak Kades melakukan itu ?
Pak Kades : Tentu ada maksud dan tujuannya. Oh…iya coba dibuka amplop itu nanti selain ada upah kalian yang tentunya sudah saya tambahi juga ada foto saya. Pasti kalian akan bertanya-tanya maksudnya ? ini hubungannya dengan Pilkades 3 bulan kedepan artinya kalian harus memilih saya kembali. Ha…ha…
Karta : Oh…begitu ya…
( wanita-wanita membuka amplop dan senang )
Menul : Eh…bener upahnya ditambahi.
Sijem : Waduh…terima kasih Pak Kades.
Deblong : Eh…fotonya Pak Kades ganteng banget.
Mbok Darwen : Wah…terima kasih Pak Kades.
Menul : Semoga Pak Kades terpilih lagi.
Mbok Darwen : Tapi mengenai kolor ireng itu bagaimana Pak ?
Pak Kades : Ha…ha…ha…iya kolor ireng itu memang sengaja saya sebar dseluruh ujung desa. Kalau kalian merogoh sakunya disitu ada uang dan foto saya. Jadi kolor ireng bukan tanda bahaya tapi tanda bahagia bagi kalian ha…ha…ha…
Menul : Ha…yang bener Pak Kades mana-mana kolor irengku tadi...
ya bener ini ada uangnya…ada uangnya…
( orang-orang berebutan, mencari-cari kolor ireng )
Pak Kades : ( tertawa )
ha…ha…ha…kolor ireng…kolor ireng…hahahaha…
- SELESAI -

Purwokerto,2010

• Naskah drama/teater ini pernah dipentaskan dalam Kajian Drama th 2010 oleh mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar