Kamis, 07 Juli 2011

Menjadi Penulis

Oleh Agus Pribadi

Penulis merupakan orang yang mampu menulis dan menghasilkan tulisan. Tulisan-tulisan tersebut biasanya dipublikasikan baik ke media massa ataupun lainnya. Ada yang tidak mempublikasikannya tetapi diperlihatkan pada teman-temannya. Ada juga yang memanfaatkan jejaring sosial facebook, dan lainnya.

Banyak orang ingin menjadi penulis. Salah satunya karena dengan menulis seseorang akan mendapatkan kepuasan batin. Juga manfaat lainnya yang sangat banyak. Misalnya : terkenal, penghasilan, berbagi pengetahuan, dan lain-lain

Banyak artikel tentang menulis yang ada di media tetak maupun internet. Orang yang akan belajar menulis dapat mencarinya dan mempelajarinya. Baik fiksi maupun nonfiksi.
Namun demikian, banyak yang gagal untuk menjadi penulis yang produktif. Penyebabnya karena kekurangan ide, sibuk, tidak pernah dimuat di media massa atau penerbit,dan lain-lain.

Kurang latihan menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang kurang produktif dalam menulis. Biarpun sudah banyak membaca, kalau tidak pernah mencoba menulis maka akan sulit untuk mampu membuat tulisan. Maka, menulis, menulis, dan menulislah…
Kurang membaca juga mempengaruhi tulisan seseorang. Referensi dan sudut pandang sebuah tulisan menjadi kurang luas dan kurang bervariasi. Maka, banyak-banyaklah membaca….

Kurang dalam kemampuan IT (Teknologi Informasi) menjadi kendala tersendiri dalam menulis. Misalnya untuk menulis di Kompasiana, seseorang harus mempunyai email, registrasi dan seterusnya. Belum lagi yang memerlukan IT yang lebih rumit. Maka belajarlah IT…

Kurang bekerja keras. Ini juga mempengaruhi produktivitas tulisan. Maka, bekerja keraslah dalam menghasilkan tulisan….
Kurang mengenali diri menjadikan seseorang kehilangan arah dalam menulis. Memang banyak orang yang bisa menulis beraneka tulisan baik fiksi maupun nonfiksi. Namun demikian seseorang mempunyai kecenderungan menulis dalam satu atau beberapa hal yang menonjol. Misalnya menulis cerpen, novel, dan lain-lain.

Demikian tulisan sederhana saya. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam Kompasiana!
Sumber : Lifestyle Kompasiana 21 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar